Home » , » Raikkonen ke Ferrari Karena Tak Digaji Lotus

Raikkonen ke Ferrari Karena Tak Digaji Lotus


 Kimi Raikkonen, dan pembalap Ferrari, Fernando Alonso

Juara dunia F1 2007, Kimi Raikkonen, akhirnya mengungkapkan alasan dirinya meninggalkan tim Lotus dan kembali ke Ferrari musim depan. Raikkonen mengaku tidak pernah digaji oleh Lotus sepanjang musim ini.

Raikkonen memutuskan untuk hengkang dari Lotus dan menandatangani kontrak dengan Ferrari selama dua musim, 11 September 2013. Ini adalah untuk kali kedua pembalap asal Finlandia itu memperkuat Ferrari, setelah sebelumnya musim 2007 hingga 2009.

Keputusan Raikkonen untuk meninggalkan Lotus dikabarkan karena krisis finansial yang sedang dialami tim asal Inggris tersebut. Raikkonen pun kini membenarkan rumor tersebut. Pembalap 33 tahun itu mengaku tidak pernah mendapatkan gaji dari Lotus musim ini.

"Alasan kenapa saya pergi dari Lotus murni karena uang. Mereka tidak pernah membayar gaji saya, jadi itu sangat disayangkan. Tapi, saya akan tetap berusaha membantu tim hingga akhir musim, dan saya sangat suka membalap di sini," ujar Raikkonen seperti dilansir NBC News.Seperti dikutip dari BBC, gaji pokok Raikkonen di Lotus adalah sebesar £6,7 juta (setara Rp120,5 miliar) per tahun. Selain gaji pokok, Lotus juga diwajibkan membayar €50 ribu (setara Rp759 juta) untuk setiap poin yang didapat Raikkonen di klasemen F1.

Jika ditotal hingga seri ke-12 F1 2013, maka Raikkonen seharusnya mendapatkan bayaran sebesar £12,6 juta (setara Rp226,7 miliar) dari Lotus hingga saat ini. Musim lalu, mantan pembalap WRC itu mendapatkan £15,8 juta (setara Rp284,3 miliar) dari Lotus.

Raikkonen akan menggantikan posisi Felipe Massa di Ferrari musim depan. Raikkonen itu akan berduet dengan juara dunia F1 2005 dan 2006 asal Spanyol, Fernando Alonso.

sumber : VIVAnews
Share this article :
 
Support : Creating Website | Kecipung | Andhicka Sparda
Copyright © 2011. Kecipung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kecipung
Proudly powered by Blogger